Model Rumah Minimalis 2 Lantai Yang Kokoh

Model Rumah Minimalis 2 Lantai Yang Kokoh – Pada tulisan terdahulu kita sudah membahas mengenai rumah minimalis 1 lantai dimana model rumah ini tergolong hunian sederhana dengan beberapa keterbatasan menyangkut luas area dan luas bangunannya. Kini seiring berkembangnya desain rumah minimalis yang semakin maju hadir desain rumah terbaru yaitu model c. Desain rumah minimalis bertingkat atau 2 lantai lebih difokuskan pada pengembangan rumah secara vertikal dimana cara ini sengaja dipilih untuk mengantisipasi harga tanah yang semakin mahal atau lahan yang semakin sempit terutama diperkotaan. Pengembangan rumah menjadi 2 lantai ditengarai juga lebih efektif untuk menambah kapasitas ruang sebagai upaya memenuhi kebutuhan ruang yang memadai sejalan dengan bertambahnya anggota keluarga.

Rumah Minimalis 2 Lantai

Untuk membangun rumah minimalis 2 lantai idealnya direncanakan secara matang jauh-jauh hari. Artinya denah rumah yang dipersiapkan memang denah untuk membangun rumah 2 lantai baik lantai 1 dan lantai 2 secara bersamaan. Mengapa harus begitu? Merenovasi rumah 2 lantai tanpa rencana sebelumnya akan sangat membahayakan penghuni didalamnya. Kita ambil contoh misalnya seseorang membeli rumah 1 lantai melalui KPR. Seiring berjalannya waktu mereka ingin mengembangkannya menjadi 2 lantai. Nah, konstruksi rumah yang awalnya khusus untuk rumah 1 lantai ini akan berbahaya jika dikembangkan secara vertikal. Hal ini berkaitan dengan kurang kokohnya struktur rumah (terutama lantai 2) sebab struktur rumah memang hanya untuk 1 lantai. Oleh sebab itu jika ingin membangun rumah 2 lantai harus menggunakan denah rumah 2 lantai pula, jangan sampai denah lantai 2 dibuat belakangan sehingga kekuatan rumah kurang maksimal bahkan cenderung membahayakan.

Perlu Mendapat Struktur Penguat Tambahan

Sebenarnya ada cara untuk mengembangkan rumah 1 lantai menjadi 2 lantai meskipun tidak direncanakan sebelumnya untuk mendapatkan model rumah minimalis 2 lantai yang lebih kokoh. Disini yang harus kita penuhi adalah adanya penambahan struktur penguat untuk konstruksi rumah lantai 2. Penambahan penguatan struktur ini untuk memperkokoh rumah agar lebih tahan terhadap guncangan terlebih untuk rumah yang dibangun di lokasi rawan gempa.

Seperti yang kita tahu kekuatan rumah sangat ditentukan oleh pondasi. Jadi untuk memperkokoh rumah minimalis yang akan di-upgrade menjadi 2 lantai, kita harus mengatur bagaimana caranya agar pondasi sanggup menahan beban terutama setelah adanya penambahan struktur bangunan. Salah satu caranya adalah dengan memperbesar dimensi pondasi dengan menambah volume material (misalnya besi tulangan), atau bisa juga dengan alternatif lain misalnya dengan melebarkan pondasi cakar ayam pada kolom struktur utama. Dalam hal ini sloof memegang peran penting untuk menyamaratakan beban yang diterima dari kolom juga dinding kemudian disalurkan kebagian pondasi, jadi untuk ukuran sloof lantai 2 juga harus lebih besar dibanding lantai 1.

Rumah 2 Lantai

Besi Tulangan Harus Lebih Besar

Karena awalnya desain konstruksi yang digunakan hanya untuk 1 lantai maka untuk ukuran kolom dan besi tulangan ukurannya harus lebih besar. Ini tidak ada kaitannya dengan faktor pemborosan namun tujuan utamanya untuk memperkokoh bangunan, jadi apapun harus diupayakan terlepas berapapun anggaran yang harus dikeluarkan. Jika kita biasanya hanya menggunakan besi sengkang untuk kolom berukuran 15 cm x 15 cm dengan 4 besi tulangan berdiameter 10 mm, maka untuk rumah 2 lantai kita harus gunakan ukuran kolom 25 cm x 25 cm dengan ukuran besi tulangan menyesuaikan dengan beban yang harus diterima.

Memilih model rumah minimalis 2 lantai sebenarnya dapat diawali dengan memperhatikan desain arsitekturnya. Disini yang harus kita perhatikan dalah bagaimana supaya rumah yang sebelumnya hanya 1 lantai berubah menjadi 2 lantai namun tidak terkesan sebagai rumah yang dibangun secara bertahap. Untuk itu selain beberapa hal diatas masih banyak yang perlu kita pertimbangkan terkait pengembangan rumah 1 lantai menjadi 2 lantai.

rumah walet ukuran 4x6,denah rumah lebar 7 meter panjang 15 meter,bermacam bentuk pondasi rumah ukuran 5x7,rumah minimalis 6x12 tampak depan,denah rumah lebar 5 meter panjang 12 meter,denah rumah lebar 8 meter panjang 12 meter,denah rumah ukuran 6x7 meter
gambar kolam taman rumah minimalis, arti warna interior rumah, gambar teras artistik, gambar rumah tampak dari depan, denah rumah dengan 3 kamar tidur, design kolam depan rumah, kolam ikan minimalis didepan rumah, denah rumah minimalis 8 x 15, model teras rumah minimalis klasik, gambar rumah minimalis joglo, keramik lantai seperti kayu, desain tangga putar minimalis, perpaduan 2 warna cat, pagar rumah minimalis,